Gaya Team Hyad Hyud Peringati HUT TNI 2014

Photos & Words: Imam Waluyo

Dalam rangka memperingati HUT TNI pada bulan Oktober lalu, Team Hyad Hyud Jember mengadakan event bertajuk “Ngetrail Bersama”. Event ini dihadiri oleh kurang lebih 800 offroader yang berasal dari Jember, Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Probolinggo, Surabaya, Malang, dan Bali. Jalur yang disediakan panitia cukup ekstrem. Mulai dari perbukitan, sungai, hutan, lumpur, semua tersaji lengkap.

Peserta mengawali start jam 08.00 WIB dari Lapangan Pontang dan dilepas di garis START oleh Bapak Dandim Jember. Selepas dari garis start, peserta langsung berhadapan dengan basahnya jalur sungai yang mempunyai kedalaman 0,5 Р1 meter dan pastinya dipenuhi lumpur, banyak peserta yang stuck/engine-off disini sehingga mereka perlu dievakuasi oleh panitia.

Terbebas dari Jalur Sungai, selanjutnya peserta ‘disiksa’ oleh hamparan terjalnya Bukit Pontang yang mempunyai ketinggian 500 dpl dengan kemiringan tanjakan diatas 60 derajat. Mengingat ekstremnya jalur ini panitia menyiapkan tenaga medis yang selalu stand-by, dan ini dibuktikan dengan adanya beberapa korban jalur ini dari terkilir,¬†hingga patah kaki karena tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Beberapa peserta yang merasa tidak mampu diarahkan oleh panitia untuk mengambil jalur yang lebih ringan.

Mendekati pos makan, panitia menyiapkan jalur “Lumpur Bahenol” yang sengaja dibuat dengan cara membajak tanah persawahan dan dialiri air sehingga lumpur menjadi berkubang dalam. Banyak kendaraan yang tidak mampu melewati jalur ini, jangankan sekelas motor 125 cc, motor dengan kapasitas 250 cc pun banyak bertumbangan di jalur ‘bahenol’ ini. Peserta banyak yang membutuhkan bantuan evakuasi dari panitia. Sesuai dengan namanya, peserta banyak yang ‘mabuk’ dibuatnya.

Rata-rata peserta mampu memasuki garis finish diatas pukul 16.00 WIB. Seperti biasa, panitia menyediakan panggung hiburan sembari menunggu pengundian doorprize berupa sepeda motor dan ratusan wearpack motor trail./**

Kasih Komentar Disini