Mengenang Bukit 4×4 Pondok Cabe

Di selatan Jakarta, tepatnya di Pondok Cabe, Tangerang, pernah ada lahan tidur yang sempat beberapa tahun menjadi primadona para penggila offroad roda dua dan roda empat. Kita mengenalnya dengan nama Bukit 4×4. Dinamai Bukit 4×4 karena memang lahan seluas lebih dari 8 hektar ini merupakan arena bermain untuk motocross, enduro, dan mobil 4×4 (Jeep dan sebangsanya) yang berkontur tanah berbukit bukit. Dan asyiknya lagi, lokasi Bukit 4×4 tidak jauh dari Jakarta. Bisa dibilang.. Jakarta Coret.

Bagi para penggila enduro, kayaknya semua yang dibutuhkan untuk sekedar bermain, berlatih, dan berkompetisi dengan mengendarai motor ‘setang baplang’ tersedia di Bukit 4×4. Dari single track layaknya di hutan, ladang petani sayur, tanah lempung, tanah berpasir, sungai, kubangan air, bebatuan, turunan dan tanjakan maut, semua ada disini.

Rasanya sampai saat ini belum ada lagi lahan atau arena bermain motor enduro/dual purpose di wilayah terdekat Jakarta yang sangat cocok untuk menempa adrenalin seperti Bukit 4×4 ini. Hampir semua pebalap dan mantan pebalap motocross tanah air pernah merasakan asyiknya melintasi obstacle yang ada di area Bukit 4×4 ini.

Bagi beberapa komunitas dirt bike Jakarta, Bukit 4×4 merupakan tempat berkumpul sebelum melaksanakan kegiatan offroad ke arah selatan (baca: Ciputat, Gunung Sindur, Bogor, Banten atau Sukabumi). Begitu juga ketika selesai, Bukit 4×4 menjadi tempat finish sebelum bubar. Bahkan bagi 24stroke, Bukit 4×4 ini ibarat lahan offroad Muddober di Indiana, USA, yang memanjakan para penggila dirt bike dan mobil 4×4 dengan single track dan pemandangan asrinya.

Jika ditilik beberapa tahun kebelakang, khusus untuk jenis motor trail saja sudah banyak event yang dihelat di area lembah dan perbukitan ini, dan event “2,5 Hours Enduro” merupakan event enduro terakhir yang dihelat di Bukit 4×4. Namun sayang, saat ini area Bukit 4×4 sudah diisolir oleh developer dan mulai dibangun perumahan di dalamnya. Semua mobil atau motor yang diperuntukkan untuk olahraga offroad sudah disingkirkan dari area ini. Selamat tinggal Bukit 4×4.


Video by TPI

broken3
Photo courtesy of 24stroke.com

ngacir3
Photo courtesy of 24stroke.com


Photo by Arif Syahbani

poncab_now
Photo courtesy of 24stroke.com

Kasih Komentar Disini