4-Stroke Motocross: Siapa Lebih Duluan… KTM atau Yamaha?

Tidak adil rasanya jika penggemar motocross jaman now melupakan sejarah. Dua puluh tahun lalu, tepatnya tahun 1997, dianggap tahun yang mengubah sejarah dunia motocross modern dengan dimulainya 2 pabrikan besar motor yang menurunkan 2 kroser-nya untuk berlaga di ajang AMA Supercross dengan motor garuk tanah bermesin 4-stroke/4-tak.

Dari sepengetahuan 24stroke selama ini, Yamaha adalah pabrikan pertama yang menggunakan motor 4-tak di ajang AMA Supercross dengan Doug Henry #20 sebagai pebalapnya. Ia waktu itu menggunakan Yamaha YZM400F, jenis motocross 4-tak modern yang pertama kali dibuat oleh pabrikan garpu tala.

Banyak kesimpangsiuran yang terjadi di forum-forum penggemar motocross apabila ada isu yang membahas; di musim balap motocross modern (diatas tahun 80-an), kapan pertama kali motocross bermesin 4-tak unjuk gigi, dan pabrikan mana pioneer-nya.

Sejarah mencatat bahwa Yamaha adalah pabrikan pertama yang menginginkan agar motocross bermesin 4-tak bisa bertarung one-on-one dengan mereka yang menggendong mesin 2-tak (dengan ketentuan yang berlaku). Namun dari penelusuran sejarah yang dilakukan langsung oleh Motocross Action Magazine ternyata pabrikan KTM-lah yang tercatat dalam sejarah, yang pertama kali menurunkan motor bermesin 4-tak di ajang AMA Supercross musim balap 1997 tatkala Yamaha sedang berupaya membangun motocross 4-tak nya untuk Doug Henry (pebalap pabrikan).

Yamaha YZM400F via VitalMX.com

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan. Kenapa kalau yang pertama kali menurunkan motocross 4-tak adalah KTM dengan Lance Smail sebagai pebalapnya, kok dunia lebih mengenal Yamaha-lah sebagai pioneer motocross bermesin 4-tak?.

Ada alasan yang signifikan untuk hal ini; meskipun KTM adalah pabrikan yang pertama kali menurunkan motocross 4-tak di ajang AMA Supercross 1997, namun demikian prestasi pebalapnya Lance Smail, tidak sementereng Doug Henry dari Yamaha.

KTM 540SX via motocrossactionmag.com

Apalagi Doug Henry berhasil mencatatkan namanya di podium pertama pada gelaran terakhir AMA Supercross 1997 Las Vegas mengalahkan Jeff Emig yang pada akhirnya keluar sebagai Juara Dunia AMA Supercross 1997.

Maka jangan heran jika orang-orang lebih mengingat Doug Henry dan Yamaha 4-tak nya (Yamaha YZM400F), dibanding si kompetitor dari Austria.

Namun begitulah kenyataannya. Yamaha punya andil besar dalam mengubah sejarah dunia motocross modern. Tetapi di tengah-tengah development yang dilakukan Yamaha, ternyata ada KTM yang ‘iseng-iseng’ menyeruak mendahului kompetitor Jepang-nya dengan menurunkan KTM bermesin LC4 (KTM 540SX / 4-stroke) pada gelaran AMA Supercross musim balap 1997.

Saat ini motor KTM 540SX legendaris bermesin LC4 tersebut hanya tersisa 1 unit. Dimiliki oleh Tom Moen, engineer legendaris yang membangun motor ini atas pemberian direktur KTM Amerika, Rod Bush.

“Satu motor diberikan kepada Lance Smail, satu motor dikembalikan ke KTM Austria untuk dijadikan test-bike, satu lagi diberikan kepada saya. Sayangnya motor Lance terbakar waktu rumahnya kebakaran, dan yang masuk ke pabrikan Austria saat ini sudah dipreteli. Tinggal motor saya ini yang tersisa satu-satunya di dunia”, menurut penuturan Tom Moen.

Tom Moen dan Lance Smail bersiap melakukan inspeksi teknik via motocrossactionmag.com
Lance Smail via motocrossactionmag.com
masih menggunakan Marzocchi telescopic via motocrossactionmag.com
manipulasi sektor tangki menyebabkan radiator overheat via motocrossactionmag.com
mesin LC4 yang biasa digunakan KTM untuk off-road via motocrossactionmag.com

Kasih Komentar Disini