Pesona Adventure Bikes yang Semakin Menawan

Bicara mengenai adventure bikes, rasanya tidak afdol jika tidak menyebut merk motor-motor luar biasa semisal Honda Africa Twin, Yamaha Super Tenere, BMW GS Series, atau yang paling tersohor macam KTM Adventure R Series yang sering kali jadi jawara di event off-road paling terkenal, Dakar. Karena dari sisi kecepatan, konon KTM Adventure R Series bisa melesat hingga 280 km/h, jauh dibanding kompetitor lainnya. Dari tampilan yang gahar khas motor travel adventure jarak jauh, diimbangi oleh power dan bobot yang besar, jenis motor ini memang di-desain bukan untuk pemula, terkecuali bagi mereka yang ‘agak nekat’ dan punya kocek berlebih.

Dari penelusuran 24stroke.com jenis motor adventure ini punya CC paling kecil di kisaran 800 CC. Dengan CC besar yang di-desain untuk dual purpose (on/off-road) dan traveling jarak jauh, maka sudah sewajarnya apabila pengguna motor motor besar ini dibekali ilmu dan wawasan yang cukup untuk menjinakkan motor motor jenis big bike adventure yang menurut kami punya power ‘sadis’.

image via PowersportHonda.com

Menurut penjelasan beberapa pengendara jenis motor adventure besar yang banyak sekali ditemukan di situs berbagi YouTube, sebenarnya tidak sulit sulit amat mengendarai motor off-road dengan CC besar ini. Yang penting mengerti cara handling yang baik (tidak asal gaspol), mengerti cara trouble shooting sederhana, dan mempersiapkan alat alat yang dibutuhkan bilamana motor sedang mengalami kendala di medan off-road.

Selain itu, dalam melakukan petualangan jarak jauh, baiknya tidak sendirian. Mengingat bobot motor yang rata rata beratnya antara 214-235 kg dan sudah mengadopsi system kelistrikan yang lebih rumit, apabila terjadi kendala yang tidak terduga, maka rekan rekan off-roader lainnya diharapkan bisa membantu. Terlebih apabila melakukan kegiatan off-road dengan sesama pengendara motor dari merk yang sama, itu lebih baik.

image via OffRoadSkills.com

Indonesia saat ini sudah banyak bermunculan komunitas adventure bikes. Dari komunitas pemilik BMW Motorrad Indonesia yang disebut GSrek, hingga kegiatan promosi kecantikan pulau pulau Indonesia yang digawangi oleh Youk Tanzil dengan ‘Ring of Fire’-nya, menjadikan motor jenis adventure travel ini makin mempesona dan diminati.

MELATIH SKILL BERMOTOR ADVENTURE

Melatih skill yang berhubungan dengan safely riding tidak hanya dibutuhkan oleh pengendara motor yang wara wiri di perkotaan saja. Namun bagi pengendara adventure bikes, skill dalam memacu adrenalin di medan off-road dengan motor besar tentu menjadi sangat perlu. Apalagi medan off-road cenderung tidak terduga dan sangat licin jika tergenang air dibanding jalanan aspal/on-road. Nah, bicara mengenai siapa yang pantas untuk melatih atau berbagi skill dalam bermotor adventure, 24stroke.com memilih 2 orang yang sepertinya paling pas. Mereka berasal dari negara yang tidak jauh dari Indonesia, namun memiliki reputasi mendunia. Siapa saja mereka:

Chris Birch
Dari tanah ‘Lord of The Ring’ New Zealand, ada sosok Chris Birch, yang sudah tidak asing lagi di telinga pecinta jenis motor off-road adventure. Dikenal sebagai salah satu veteran enduro rider yang pernah malang melintang di event Red Bull Romaniacs dan Roof of Africa, Birchy menekuni bidang training/pelatihan khusus kendaraan off-road roda dua, yang didalamnya termasuk melatih bagaimana mengendarai motor motor off-road adventure ber-CC besar dengan cara yang benar. Dalam penelusuran di situs berbagi YouTube, salah satu duta motor KTM ini banyak memperlihatkan kepiawaiannya dalam mengendarai motor adventure ber-CC besar. Beberapa waktu lalu, Birchy menyempatkan diri berbagi skill dihadapan pecinta off-road roda dua pada event Black Parade 5, di Kawah Wurung, Jawa Timur.

Menurut kami amat pantas jika suatu saat Birchy diundang kembali untuk berbagi ilmu dan teknik dihadapan teman teman off-roader Indonesia yag rata rata hanya mengandalkan tarikan gas.

Adam Riemann
Australia tidak mau ketinggalan. Adam Riemann, yang juga menekuni bidang perfilman khusus kendaraan off-road roda dua ini juga sangat mahir kalau bicara soal motor jenis enduro/adventure. Dari teaser film produksi Motology terbaru yang dikelolanya, Adam Riemann dan rekan rekan terlihat mengendarai jenis motor KTM 1190 Adventure R melintasi 3 negara berbeda dengan melewati berbagai obstacles yang lumayan menguras tenaga.

Konon menurut rencana, tanggal 29 September 2016, Adam Riemann akan menyambangi Indonesia untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengendarai motor jenis adventure bikes. Yap, tunggu saja liputannya.

featured image via KTM.com | videos courtesy of their respective owners (Youtube).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *