Saat VIAR Cross X 250 EC Ikut-ikutan ‘Merusak’ Pasar Enduro Tanah Air

Seperti sudah diduga sebelumnya, semakin hari semakin runcing saja kompetisi di segmen enduro/off-road tanah air. Di segmen minor ini beberapa pabrikan motor di tanah air sudah tidak mau main-main dan 100% serius menggarap ceruk bisnis varian motor garuk tanah. Belum lagi pemasok motor-motor built-up dari luar negeri. Pehh pehh pehh…  semakin ramai saja gan.

Di belantara pasokan motor-motor 2×1 yang kami amati VIAR termasuk pemasok kendaraan bermotor roda dua hingga roda tiga yang cukup serius di wilayah ini. Diem-diem VIAR rupanya punya ‘jagoan’ yang cukup mumpuni untuk berkompetisi di sektor trail kelas ringan dan menengah.

Ceruk pasar motor garuk tanah yang saat ini masih dikuasai 2 pabrikan Jepang, Kawasaki dan Honda, rupanya tidak membuat pabrikan lokal seperti VIAR inferior. VIAR dengan ‘gagah perkasa’ tanpa ragu-ragu mengeluarkan varian VIAR Cross X 250EC untuk ‘mengusik’ kedigdayaan Kawasaki KLX 150L – KLX 250L dan Honda CRF 150L – CRF 250 Rally.

Jika pun kami yang diberi pilihan mana diantara motor-motor trail yang beredar di pasar lokal (diluar motor-motor premium), dengan adanya VIAR Cross X 250EC ini tentu bakal sulit pisan untuk menimbang-nimbang motor mana yang jatuh sebagai pilihan keur gigila-an (kata orang Sunda).

Bagaimana bisa terjadi?

Tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus ditilik benar, agar tidak menyesal di kemudian hari:

  1. Desain: trail bike is trail bike! tapi soal desain dan tampilan, kayaknya konsumen jaman now yang teramat kritis sangat mungkin mempertimbangkan hal ini. Apa mau keliatan tampil gagah perkasa dengan motor trail-nya malah jadi “gagah perkakas”.. lha kan tidak mau toh?
  2. Powerband: rasio antara berat motor dan power yang dihasilkan mesti jadi pertimbangan para pemain off-road yang masuk aliran sesat. Gimana ngga sesat, itu kamu-kamu yang doyan blusukan ke hutan-hutan, banyak yang suka tersesat di jalur kan? Ngaku aja lahh.
  3. Handling: urusan satu ini jangan diabaikan saudara. Handling berat mesti bawaanya melipir terus kalo lagi maen di jalur. Baru 2 km naek-turun bukit aja tangan udah gemetar cetar membahana badai.. iya kan? Ngaku hayooo.
modifikasi sektor grafis menjadikan Cross X 250EC tampil gagah membara

Jadi saudara…  maksudnya begini, itu motor yang dibawa maen lumpur sama trabasan udah pasti mesti punya spek minimal untuk diajak kerja berat. Nah, dari penerawangan 24stroke ternyata ada yang pernah mereview VIAR Cross X 250EC sebelumnya dan nyatanya jenis motor trail ini mendapat testimoni yang cukup baik.

Kalo ngga percaya, silakan lihat 2 video ini gan. Kami ngga kenal mereka, makanya pembahasan soal motor ini adalah netral tanpa dibuat-buat.

Okay. Buat kawan-kawan off-roader, silakan deh varian motor ini jadi pertimbangan. Wa bil khusus bagi temen-temen yang punya budget di kisaran 40 jutaan. Karena motor ini dilepas dengan mahar 43,7 juta.

Mesti mikir kan? wong beli motor yang kisaran 30 jutaan dan 40 jutaan itu kan beti… cuma beda beberapa ratus ribu rupiah saja kalo pakai pembiayaan selama 36 bulan.

Yang penting, untuk maen di jalur…  masuk lah itu barang.

Anyway – by the way – busway… untuk sales area Jakarta Depok dan sekitarnya, silakan hubungi rekan kami, Jack Maulana.

Email-nya ini gan: jack@24stroke.com

Semoga berkah… aamiin!

images and videos courtesy of their respective owners

One thought on “Saat VIAR Cross X 250 EC Ikut-ikutan ‘Merusak’ Pasar Enduro Tanah Air”

Kasih Komentar Disini